FMB

FAMILY MEDICAL BENEFIT

24 Hour Worldwide Family Medical Benefit*


 

Demi keselamatan dan kesehatan Anda dan keluarga, kami telah bekerja sama dengan perusahaan internasional layanan kesehatan dan evakuasi yang memiliki jaringan kerjasama dengan dokter-dokter ahli dan rumah sakit – rumah sakit terkemuka di seluruh dunia untuk dapat melayani Anda dan keluarga dimanapun berada.

 

24 HOUR WORLDWIDE MEDICAL EXPERT ADVICE

Anda dan keluarga bisa mendapatkan konsultasi medis dari dokter ahli maupun spesialis per telepon dari Layanan Darurat Medis ANZ Platinum. Pelayanan ini tersedia 24 jam sehari baik di dalam maupun di luar negeri dengan menghubungi 24 Hour Alarm Centre, atau melalui Overseas Toll Free yang tersedia di Singapura, Perancis dan Amerika.

Sebagai catatan; pembicaraan per-telepon, sekalipun dengan Tenaga Medis, tidak dapat menghasilkan diagnosa medis tertentu dan tetap harus dianggap sebagai suatu saran saja.

24 HOUR WORLDWIDE MEDICAL EVACUATION

Ketika Anda dan/atau keluarga Anda berada di dalam maupun di luar negeri dan mendapat kecelakaan atau sakit serius yang membutuhkan perawatan sesegera mungkin, maka Anda dan/atau keluarga Anda berhak untuk mendapatkan layanan evakuasi medis dengan nilai perlindungan sampai dengan USD 1.000.000.

Dan bila kemudian Tenaga Medis dari Penyedia Jasa Layanan Darurat Medis, setelah berkonsultasi dengan dokter yang merawat Pasien, memutuskan bahwa perawatan harus dilanjutkan di negara tempat tinggal Pasien,  maka Pasien berhak untuk mendapatkan Repatriasi, yang biasanya akan dilakukan dengan menggunakan pesawat komersial.

Yang termasuk di dalam Layanan Evakuasi ini adalah :

a)      Essential Medication/Medical Equipment

Berdasarkan permintaan dari tenaga medis setempat, selama keadaan memungkinkan dan secara hukum diizinkan, pasien bisa mendapatkan pengiriman obat-obatan berdasarkan resep dan/atau peralatan medis yang dibutuhkan tetapi tidak tersedia dimana Pasien berada.

Pasien akan bertanggung jawab penuh atas seluruh biaya yang timbul, terkecuali hal tersebut dibutuhkan dalam keadaan darurat medis yang ditetapkan oleh Tenaga Medis dari Penyedia Jasa Layanan Darurat Medis ANZ Platinum.

b)      Dispatch of Physician  

Dalam keadaan darurat medis, dimana Tenaga Medis dari Penyedia Jasa Layanan Darurat Medis ANZ Platinum tidak dapat melakukan evaluasi per telepon untuk menentukan perlu tidaknya suatu evakuasi, atau Pasien dalam keadaan tidak bisa dipindahkan, sementara fasilitas medis setempat tidak tersedia, pasien akan mendapatkan Tenaga Medis untuk datang menangani kondisi Pasien.

c)       Repatriation of Mortal Remains  

Pada kasus kematian ketika dalam perjalanan, pasien akan dibantu sepenuhnya untuk mendapatkan pengurusan pemulangan jenazah ke kota yang disetujui oleh pihak keluarga, termasuk seluruh formalitasnya dan pembiayaan transportasinya.

d)      Hospital Deposits Guarantee  

Pada keadaan darurat Medis dimana Pasien harus mendapatkan perawatan rumah sakit ketika sedang berada di luar negeri, Pasien bisa mendapat bantuan penjaminan atau pembayaran sementara untuk deposit rawat inap hingga batas maksimum USD 2.500.

Pasien diharuskan untuk membayar kembali jumlah tersebut diatas kepada pihak penjamin dalam waktu 45 hari (tanpa bunga).

e)      Emergency Personal Cash  

Pada keadaan darurat medis ketika  Pasien berada di luar negeri, Pasien bisa mendapatkan pinjaman dana hingga maksimum USD 250 atau setara dengan kurs yang berlaku.

Pasien diharuskan untuk membayar kembali jumlah tersebut diatas kepada pihak penjamin dalam waktu 45 hari (tanpa bunga).

f)       Medical Monitoring

Dengan seizin Pasien, Penyedia Jasa Layanan Darurat Medis ANZ Platinum akan memberikan informasi mengenai perkembangan kondisi Pasien kepada pihak keluarga, apabila Pasien berada dalam perawatan rumah sakit jauh dari kota kediaman Pasien.

g)      Emergency Family Arrangement  

Pihak keluarga Pasin dapat dibantu untuk melakukan pengaturan perjalanan yang dibutuhkan agar dapat bergabung dan menemani Pasien selama dalam perawatan medis. Seluruh biaya yang imbul akan tetap menjadi tanggung jawab pasien.

h)      Transportation to Join Disabled Pasien  

Pasien bisa mendapatkan 1 tiket ekonomi pergi-pulang untuk seseorang yang dapat menemani Pasien ketika Pasien harus menjalani rawat-inap selama lebih dari 7 hari di rumah sakit di luar negeri seorang diri.

i)       Convalescence Expenses  

Pada saat Pasien dinyatakan tidak lagi perlu menjalani rawat inap pasca evakuasi medis, dan sesuai rekomendasi dokter harus melanjutkan rawat jalan pada fasilitas medis yang sama, Penyuedia Jasa Layanan Darurat Medis ANZ Platinum akan mengganti hingga maksimum USD 1.000 untuk biaya akomodasi hotel/penginapan selama masa rawat jalan, tidak termasuk biaya medis.  Layanan ini berlaku dalam jangka 60 hari sejak evakuasi / repatasi.

j)       Return of Children

Pada situasi dimana anak dibawah umur terpaksa lepas dari pengawasan karena orang tuanya mengalami musibah, transportasi satu kali jalan akan dipersiapkan bagi mereka ke tempat kerabat terdekat atau pengawas yang telah ditunjuk. Seorang pendamping akan diikutsertakan apabila dibutuhkan.

k)       Return of Travelling Companion  

Bila Anda mengalami musibah dan tiket teman seperjalanan tidak lagi berlaku, maka tiket kelas ekonomi satu kali jalan akan dipersiapkan untuk mengirim kembali ke tempat asal mereka berangkat.

l)       Return Due to Family Emergency 

Bila Anda dan anggota keluarga Anda berada diluar negeri dan menderita kecelakaan atau sakit yang serius, Anda berhak untuk mendapatkan 1 tiket ekonomi untuk kepulangan ke negara asal.

Seluruh bentuk pertanggungan atau pembiayaan untuk jasa layanan darurat medis ini akan berlaku apabila Anda dan/atau keluarga Anda berada secara fisik lebih dari 100 Km dari kota kediaman Anda, atau apabila fasilitas medis yang memadai tersedia di daerah yang berjarak 50 Km jauhnya dari perawatan saat ini.

 

Cara Mendapatkan Jasa Layanan Darurat Medis

1.     Hubungi 24 Hour Alarm Centre di  nomor 021-725-8965, atau melalui Overseas toll free yang berlaku di Singapura di nomor 800-621-1105; Perancis di nomor 0800-909-825: Amerika di nomor 1-888-656-4234 atau melalui Collect Call ke nomor +62-21-725-8965 untuk negara lain.

2.     Sebutkan pada Staf Operator bahwa Anda adalah pemegang sah dari kartu ANZ Panin Platinum, dengan membacakan nomor kartu kredit Anda, nama lengkap dan nomor telepon dimana Anda bisa dihubungi.

3.     Jelaskan mengenai layanan yang Anda butuhkan dan Staf Operator kami akan membantu Anda

 

 

OVERSEAS MEDICAL EXPENSES COVERAGE

Anda dan keluarga secara otomatis terlindung dalam keadaan darurat untuk menjalani perawatan di rumah sakit karena sakit atau kecelakaan saat berada di luar negeri senilai USD 10,000 per orang atau total USD 50,000 untuk Anda dan keluarga per tahun. Perlindungan ini berlaku untuk semua perjalanan ke luar negeri dengan tiket yang dibeli dengan metode pembayaran apapun dan juga tetap berlaku bila salah satu anggota keluarga Anda bepergian ke luar negeri secara terpisah dengan Anda.

Bilamana Anda dan keluarga memerlukan perawatan rumah sakit di luar negeri, pembayaran harus dilakukan di muka untuk kemudian akan dikembalikan oleh Asuransi Allianz sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Catatan

Perawatan harus dilakukan dalam waktu 30 hari setelah tertanggung meninggalkan negara asal 
Contoh : Si A pergi ke Singapore selama 40 hari. Pada hari ke - 27, si A harus dirawat inap hingga hari ke - 38 dengan total biaya US$ 3,000
Maka  allianz  akan  membayarkan penggantian dari  sejak  hari ke - 27 hingga ke - 38.
Asalkan, perawatan  hari  pertama  dilakukan  sepanjang masih  dalam waktu  30 hari sejak pergi dari negara asal.
Biaya perawatan yang diganti adalah :
US$ 3,000   -  US$ 100  =  US$  2,900

(Cara mengajukan klaim penggantian biaya rumah sakit tercantum pada Buku Petunjuk Kartu ANZ Panin Platinum)

 

Pengajuan Klaim Overseas Medical Expenses Coverage

Dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan klaim biaya perawatan inap rumah sakit selama di luar negeri adalah sebagai berikut:

  1. Formulir Pengajuan Klaim.
  2. Resume Medis dengan cap dan tandatangan dokter dan rumah sakit tempat rawat inap.
  3. Dokumen asli tiket pesawat dan boarding pass.
  4. Bukti asli pembayaran/Tax Invoice.
  5. Copy resep dan perincian obat-obatan yang digunakan.
  6. Surat pernyataan tujuan keberangkatan ke luar negeri.
  7. Fotokopi kartu kredit ANZ.
  8. Fotokopi paspor.
  9. Fotokopi KTP.
  10. Fotokopi Kartu Keluarga.
  11. Fotokopi surat nikah.

 

Kami berharap agar dokumen dan persyaratan tersebut dapat segera dilengkapi mengingat waktu untuk pengajuan klaim adalah 30 hari terhitung dari tanggal pemegang kartu meninggalkan rumah sakit.

 

 

 

Tanya Jawab Mengenai Medical Evacuation

1.   Kapan Saya membutuhkan Medical Evacuation?

Pada saat Anda berada dalam perawatan rumah sakit karena suatu penyakit serius yang Anda derita atau karena kecelakaan dimana bila tidak segera diberikan perawatan yang memadai akan menyebabkan kerusakan organ tubuh atau bahkan cacat tubuh yang bersifat permanen. Jika perawatan yang memadai tidak tersedia di lokasi di mana Anda dirawat dan fasilitas medis yang  memadai berada pada jarak 50 km atau lebih. Anda akan mendapatkan layanan evakuasi bebas biaya dari Global Assistance & Healthcare ke tempat dimana perawatan medis yang memadai dapat diberikan

2.    Siapa yang akan memutuskan bahwa kasus tertentu membutuhkan Evacuation atau Repatriation?

Tim medis dari Layanan Medis Darurat ANZ Platinum dengan konsultasi oleh tenaga medis di lapangan

3.    Kapan dan bagaimana Anda bisa mendapatkan layanan evakuasi?

Anda dapat menghubungi Layanan Darurat Medis ANZ Platinum di (021) 795-8965 setiap waktu. Setiap telepon akan dilayani oleh seorang operator profesional selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

4.    Bila saya mempunyai pertanyaan, bisakah Saya menghubungi 24 Hour Alarm Centre?

Hubungi layanan 24 Hour Alarm Centre kami setiap waktu dengan menyebutkan identitas Anda sebagai pemegang kartu kredit ANZ Panin Platinum.

 

 

Tanya Jawab Mengenai Medical Expense Coverage

1.   Apakah Saya harus membeli tiket dengan menggunakan kartu kredit untuk mendapatkan perlindungan ini?

Tidak, perlindungan ini diberikan secara langsung terhadap pemegang kartu utama ANZ Panin Platinum beserta istri/suami dan anak-anak. Perlindungan juga berlaku bagi pemegang kartu tambahan dari ANZ Panin Platinum.

2.     2.    Apakah jatuh sakit dan kecelakaan termasuk di dalam perlindungan perawatan medis ?

            Ya

3.     3.    Bagaimana cara mengajukan permohonan klaim?

Pada saat Anda pulang ke Indonesia, Anda dapat mengambil formulir permohonan klaim dari ANZ Panin Bank untuk diserahkan kepada Allianz untuk mendapatkan pembayaran kembali sesuai dengan petunjuk pembayaran klaim.

4.     4.    Berapa jumlah uang yang harus Saya bayar sebagai biaya resiko sendiri atas permohonan klaim yang telah diajukan?

        US$ 100

5.    Apakah permohonan klaim dapat dikabulkan apabila Saya tidak menjalani perawatan di rumah sakit?

Tidak, karena perlindungan asuransi hanya diberikan kepada pasien atas biaya perawatan medis yang dikeluarkan selama berada di rumah sakit.

6.    Berapa jangka waktu maksimal yang diberikan untuk melakukan perjalanan dibawah perlindungan ini?

Jangka waktu terlama untuk melakukan perjalanan adalah 30 hari

 

SELURUH PERLINDUNGAN, PERTANGGUNGAN DAN JASA LAYANAN INI AKAN MENGACU PADA KETENTUAN, PERATURAN POLIS  DAN PERJANJIAN ANTARA ANZ PANIN BANK DAN PIHAK KETIGA YANG TERKAIT.

YANG BERHAK MENDAPAT PERLINDUNGAN INI:

–              Pemegang kartu utama beserta istri/suami yang sah dengan usia di bawah 70 tahun.

–           Anak-anak dari pemegang kartu utama dengan usia di bawah 18 tahun atau yang masih berstatus pelajar dengan usia di bawah 21 tahun termasuk anak adopsi dan anak tiri.

–              Pemegang kartu tambahan dengan usia di bawah 70 tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s